Serba-Serbi Ramadhan

Ronda

Bicara tentang Ramadhan memang tidak pernah ada habisnya, apapun yang dibahas juga pasti nggak lepas dari pahala, asalkan kita mau menyadari pentingnya bulan suci ini pastilah tidak akan melewatkan begitu saja tanpa berbuat apa-apa.

Nah, pasti banyak aktifitas kita selama Ramadhan, penulis coba mau menguraiakan kegiatan apa saja yang menandai penyambutan kita untuk bulan Ramadhan, bukan hanya tentang iklan sirup yang selalu nongol setahun sekali di TV.

  1. Puasa : Menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib).
  2. Buka puasa : Sebutan untuk sebuah pekerjaan membatalkan puasa pada waktu maghrib yang dilakukan dengan makan dan minum secara halal dan secukupnya.
  3. Sahur : Aktifitas memakan dan meminum sesuatu yang biasa dilakukan di malam hari sekitar jam 12.00 malam sampai batas waktu masuk Imsak.
  4. Tarawih : Shalat sunnah yang dikerjakan umat Islam setiap malam pada bulan Ramadhan, biasanya berjumlah 20 rokaat plus witir 3 rokaat, ada juga yang 8 rokaat plus witir 3 rokaat (tergantung madzab yang digunakan).
  5. Ronda malam : Aktifitas yang biasa dilakukan warga laki-laki di suatu desa atau kompleks pada malam hari di bulan ramdhan dengan membuat bunyi-bunyian untuk membangunkan warga untuk makan sahur.
  6. Tadarus : Membaca Al-Qur’an secara bergiliran dengan melibatkan minimal dua pihak, yaitu pihak pembaca dan pihak penyimak yang biasa dilakukan di masjid atau musholla ketika bulan Ramadhan.
  7. Nuzulul Qur’an : Proses penurunan wahyu dari Allah SWT berupa ayat al quran kepada Nabi Muhammad. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, maka setiap tanggal 17 Ramadhan (puasa ke-17) umat muslim biasanya mengadakan perayaan sebagai ulang tahun turunnya kitab suci Al-Qur’an.
  8. Lailatul Qodar : Malam istimewa yang lebih baik dari seribu bulan, umat muslim tidak bisa memastikan kapan datangnya lailatul qodar, namun ada Hadits yang menerangkan malam itu terjadi pada sepuluh hari terakhir, ada juga yang menerangkan bahwa mala mini ada di sepuluh hari terakhir namun pada malam-malam ganjilnya.

Demikian beberapa aktifitas yang sering kita jumpai di bulan Ramadhan namun tidak di jumpai pada bulan-bulan lain. Mudah-mudahan Ramdhan kali ini mampu kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai bulan pertaubatan dan menjadikan kita manusia yang lebih baik untuk hari-hari ke depan. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE