Sebuah Kata yang Panjang dalam Bahasa Inggris

Pak Guru Mengajar di KelasPada suatu saat diruang kelas yang tenang, seorang guru sedang menjelaskan pelajaran dan murid-muridnya pun mendengarkan pelajaran yang telah disampaikan oleh gurunya. Sebut saja namanya pak Hasan (fiktif), beliau dikenal guru yang baik hati dan sabar. Pak Hasan seorang guru mata pelajaran bahasa Inggris. Saat itu beliau sedang mengajar kelas 7, sesudah penjelasan selesai murid-murid diberikan tugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Semua murid mengerjakan dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai mengerjakan tugas yang telah diberikan, murid-murid disuruh untuk menuliskan jawabannya di papan tulis.

Melihat murid-muridnya yang pandai pak Hasan merasa senang, Andi (fiktif) adalah salah satu muridnya, dia termasuk murid yang pandai dan juga sopan pada gurunya. Apabila Andi tidak mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh gurunya, dia selalu menanyakan pada gurunya. Karena anaknya yang rajin Andi selalu membuat catatan-catatan kecil untuk dipelajari di rumah. Andi juga senang membantu teman-temannya, apabila diantara temannya kurang mengerti mengenai pelajaran. Andi tidak membedakan antara teman yang satu dengan yang lainnya, banyak yang suka berteman dengannya.

Pada suatu saat pak Hasan memberikan tugas kelompok pada muridnya, yakni tugas membuat dialog bahasa inggris sederhana. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang yang telah di acak pembagiaannya. Tugas dikerjakan sampai minggu berikutnya. Andi bersama kelompoknya mengerjakan dirumah Andi. Karena jarak rumah diantara satu sama lain cukup jauh, mereka segera menyelesaikan tugas itu dan memutuskan mengerjakannya pada hari minggu, setelah cukup lama mengerjakan, akhirnya tugas pun selesai. Kemudian mereka memutuskan untuk refreshing disekitar rumah Andi. Karena kebetulan juga rumah Andi ada pemandangan alam sekitar yang begitu indah. Mereka menikmati keindahan alam sekitar dengan senda gurau.

Tiba waktunya pak Hasan masuk kelas, semua murid merasa tegang dan diam. Tak lama kemudian pak Hasan menanyakan tugas yang telah diberikan, dan semua murid menjawabnya. Pak Hasan meminta pada muridnya untuk mempresentasikan ke depan, kelompok demi kelompok mempresentasikan tugasnya. Ada yang menyampaikan dialognya dengan jelas dan benar ada pula yang tegang dan gerogi. Setelah semua kelompok mempresentasikan dialognya, pak Hasan merasa senang karena semua muridnya mengikuti dan memperhatikannya dengan sungguh-sungguh. Lalu pak Hasan memberikan pertanyaan kepada semua muridnya, yakni sebuah kata apa yang panjang dalam bahasa Inggris? Semua murid terdiam dan bingung memikirkan jawabannya. Ada yang menjawabnya namun belum benar, Andi pun mencoba untuk menjawab, tetapi masih belum benar, bahkan sudah banyak yang menjawabnya namun juga belum benar. Semua murid dibuat penasaran dengan pertanyaan itu, karena belum ada yang benar menjawabnya, pak Hasan lalu membritahukan jawabannya. Apa jawabannya? Jawabannya adalah????  SMILE…… Semua murid terdiam dan merasa bingung, kok bisa pak??

Pak Hasan menjelaskan, SMILE…. (yang artinya jarak satu mil) semua muridnya langsung tertawa mendengarkan jawaban itu. HEHEHE…..

Catatan : apabila ada kesamaan kejadian, nama dan tempat mohon dimaafkan. Thankyou…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE