Indahnya Pantai Coro Tulungagung

Pantai CoroBelum punya acara weekend kemana? Jangan bingung guys, mau cari tempat bisa buat adem pikiran, biayanya murah dan juga tidak macet pastinya. Mungkin kalian bisa mencoba datangin nih tempat, Pantai Coro. Haaah apa coro? Jangan berpikiran negatif dulu guys, iya benar namanya memang pantai Coro, tetapi bukan tempatnya banyak coro atau kecoaknya gitu. Memang namanya seperti itu, kalau asal muasal namanya pantai Coro sih saya kurang tau pastinya.

Pantai Coro ini terletak di Jawa Timur bagian selatan, tepatnya di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Bagi adventurer yang berasal dari Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan Tulungagung yang punya ikon wisata pantai Popoh. Kalau jarak dari pusat kota Tulungagung sekitar 30 Km, tetapi kalau sekarang jarang untuk angkutan umum, akan lebih baik membawa kendaraan sendiri. Nah lokasi pantai Coro ini letaknya bersebelahan dengan pantai Popoh. Walaupun tempatnya bersebelahan dengan pintu loket yang sama, tetapi ada perbedaannya butuh perjuangan untuk sampai di pantai Coro, kalau pantai popoh kan enak aksesnya.

Para adventurer setelah melewati pintu gerbang karena jalannya bercabang, pilih cabang yang kekiri kalau kekanan menuju arah pantai Popoh. Setelah terlihat monumen reco sewu (arca seribu) nah disitu tempat parkir kendaraan. Di parkiran ini ada kios jajanan, bagi yang belum mempunyai bekal bisa membeli disini karena selama menuju pantai Coro gak ada lagi kios jajanan.

Jarak dari tempat parkir menuju pantai sekitar 1,5 km dan waktu yang dibutuhkan untuk menuju pantai Coro kurang lebih 30 menit dengan jalan kaki. Meskipun terbaca cukup jauh dan lama, suguhan selama perjalanan tidak kalah menyenangkan. Dalam perjalanan menuju pantai Coro di mulai dengan melintasi perumahan penduduk dan juga melewati perbukitan loh, asyiik kan. Apabila cuacanya cerah, bersyukurlah jalanan enak dilalui, tetapi jika cuaca hujan bersiaplah melewati jalan yang becek. Padi, pisang, ketela pohon dan beberapa pohon jati menjadi komoditas yang di tanam penduduk sekitar dan pemandangan lain yang bisa dinikmati, yaitu tujuh sungai yang harus dilalui sebelum tiba dilokasi pantai.

Tetapi, jangan kuwatir dulu ini bukan sungai seperti sungai-sungai besar di Indonesia kok. Tujuh sungai itu mempunyai lebar sekitar 1 sampai 2 meter dengan kedalaman sampai mata kaki saja kok. Sungai pertama yang dilewati merupakan sungai terlebar, yaitu sekitar 3 meter. Selama perjalanan merasa lelah dan butuh istirahat, kita bisa berteduh sejenak di gubuk – gubuk penduduk. Setelah berlelah-lehan selama kurang lebih 30 menit, penat akan langsung terbayar saat bulan sabit muncul dari balik bukit. Yapz, itulah pantai Coro yang indah, berpasir putih sudah di depan mata. Indahnya pantai Coro dipengaruhi oleh cuaca, apabila sedang musim hujan, bersiaplah menemui ombak besar dan air laut naik. Dan jangan lupa jaga kebersihannya ya, agar keindahannya tetap terjaga. Keep green and clean….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE