Arti Penting Sholawat

Majelis Shalawat di Lirboyo – Kediri

Sabtu 16 Mei 2015 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri guna memperingati HAUL dan Ahirussanah PPPTQ dengan mengadakan acara Sholawatan bersama Habib Syekh AA dari Solo Jateng. Subhanallah luar biasa, Alhamdulillah saya bias saya menghadiri majlis sholawat di Lirboyo yang ke 3kalinya, begitu banyak ribuan manusia berbondong – bondong untuk menghadirinya. Mereka bukan saja berasal dari masyarakat Kediri. Namun dari seluruh penjuru kita yang datang hanya untuk mengharap syafaat Rosululloh. Begitu banyak kalangan besar kecil, muda tua, memenuhi majlis tersebut. Betapa bahagianya bisa berkumpul dengan para habaib, kyai dan orang – orang sholeh sholehah. Di akhir zaman ini, saya bersyukur di Negara kita banyak dilantunkannya sholawat yang dihadiri para “Muhibbu Rosululloh”. Setiap hari majlis – majlis sholawat diadakan di kota – kota maupun di desa – desa. Semoga kita semua mendapat syafaat Rosululloh diakhir zaman nanti. Amin Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Kita harus bersyukur menjadi umat Nabi Muhammad SAW. Dari 25 Nabi, hanya beliaulah yang diberi keistimewaan oleh Allah. Beliaulah yang paling dekat dengan Allah, Beliaulah yang paling dicinta Allah. Jika Rosululloh bahagia, Allah juga bahagia. Rosululloh sedih, maka Allah pun juga akan ikut sedih. Dan jika Rosululloh murka, maka Allah pun juka murka.

Dalam hadits shohih telah dijelaskan beberapa keutamaan sholawat:

  1. Barang siapa bersholawat kepada Nabi 1x, maka Allah akan bersholawat kepadanya 10x sholawat ( HR. Muslim No.408 )
  2. Bersholawat kepada Nabi 1x akan menghapus 10 kesalahan dan meninggikan 10 derajat. ( HR. An. Nasa IV / 50 dan dinyatakan shohih oleh Syaikh Al – Abani )
  3. Barang siapa bersholawat kepada Nabi 10x di pagi hari dan 10x di sore hari maka ia berhak mendapat syafaat Nabi di hari kiamat. ( HR. Ath – Thabrani dan dinyatakan Basan As )
  4. Bersholawat kepada Nabi, merupakan salah satu sebab terkabulnya doa.
  5. Barang siapa yang bersholawat kepada Nabi, berarti ia telah melaksanakan perintah Allah, didalam firmannya : Qs Al- Ahzab : 56, yang berbunyi “ Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi, wahai orang – oaring yang beriman bersholawatlah untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan depannya.

Jadi coba kita renungkan betapa pentingnya sholawat, apakah ada yang tidak mau bersama Rasululloh disurga-Nya. Maka mari kita terus berusaha untuk membuat Rosululloh bahagia dengan mengikuti sunnah – sunnahnya. Jangan punya pikiran, jika sholawat hanya harus menghadiri majlis – majlis saja, tapi dimanapun kapanpun bisa kita lantuntan sholawat Nabi Muhammad SAW. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE