Tak Ada Manusia Yang tak Punya Masalah !!!

Haruskah kita bersedih saat punya masalah

Hidup ini selalu dipenuhi dengan masalah, baik masalah pekerjaan, masalah keuangan dan masalah percintaan. Tak ada diantara yang hidup tanpa ada masalah yang mengiringi, permasalahan akan datang silih berganti, satu masalah selesai masalah lainya datang lagi. Begitulah jalan hidup manusia hingga manusia itu meninggalkan dunia ini.

Berbagai masalah pasti akan selalu silih datang berganti sejalan dengan berputarnya roda kehidupan manusia. Manusia siapapun dia baik remaja, tua, muda, kaya, miskin, maupun orang yang punya pangkat  dan jabatan, status sosial pasti mempunyai permasalahan dalam hidupnya.sebab hidup dan masalah tidak dapat dipisahkan dan selamanya akan menyatu. Seseorang yang mati adalah orang yang tidak punya masalah didunia, namun masalah nya ada dalam kehidupannya diakhirat.

Semua orang sesungguhnya punya masalah, maka jika kita, anda maupun saya yang kini punya setumpuk beban masalah yang terkadang menjadikan hidupkita menyedihkan, merasa terbebani, setidaknya anda bisa sedikit tersenyum bahwa bukan hanya anda yang punya masalah tetapi masih bannyak orang-orang yang punya masalah yang sama atau lebih berat daripada yang anda alami.

Mungkin anda bertanya-tanya, adakah didunia ini orang yang tak punya masalah ???maka jawabannya ” Tidak ada orang didunia ini yang tidak punya masalah”…

Jika kita teliti dan cermati lingkungan yang ada disekitar kita kita bisa melihat bahwa tak ada satupun orang tanpa mempunyai masalah. Kesadaran diri bahwa orang lain juga punya problematika hidup sendiri-sendiri akan menumbuhkan kepercayaan bahwa ternyata kita tidak sendiri dengan kondisi seperti ini. Kita punya teman-teman yang sama, sama-sama punya masalah, sama-sama belum bisa memecahkannya, dengan demikian beban yang kita pikul setidaknya bisa sedikit berkurang karena kita menyadari bahwa kita punya teman-teman yang punya masalah sepeti kita.

Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita melihat orang lain tidak punya masalah seperti kita. menilai orang lain lebih bahagia, hidup rukun, punya pekerjaan mapan. Tetapi tanpa disadari pada suatu yang bersamaan orang lain pun juga akan menilai kita lebih bahagia dan tidak puna masalah seberat yang kita hadapi. Begitulah semua menilai bahwa orang lain lebih bahagia ketimbang kehidupanya sendiri.

Kurang adanya kesadaran diri bahwa  orang lain juga punya banyak masalah dan menilai kehidupan orang lain lebih bahagia adalah merupakan sumber dari hilangnya rasa syukur yang kemudian menumbuhkan keluh kesah.Padahal kalau kita mau mengakui bahwa kebahagiaan hidup seseorang itu terletak pada rasa syukur itu. Dengan bersyukur kita bisa menerima segala sesuatu dengan lapang dada, dan bahagia dengan kehidupan yang telah kita jalani. Hal ini akan terwujud dengan bersyukur  melihat bahwa hidup yang kita jalani lebih baik dari kehidupan orang lain, Dan jika kita mampu menghilangkan persepsi bahwa hidup orang lain lebih bahagia daripada kehidupannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE