Seperti Apa Muslimah Berpakaian?

pakaian muslimah

Teman-teman muslimah dimanapun berada, kemarin saya sudah memposting tentang alasan dan pengertian dari hijab, jilbab, dan kerudung. Nah, sekarang saya akan kembali berbagi informasi, kali ini tentang syarat-syarat pakaian yang seharusnya di pakai oleh muslimah. Karena kewajiban kita tidak hanya menutupi jilbab saja, aurat wanita yang harus di tutupi ada di seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

  1. Menutupi seluruh tubuh. Hal ini didasarkan firman Alloh dalam surat Al-Ahzab ayat 33 yang artinya : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”
  2. Terbuat dari bahan kain yang tebal dan tidak tipis menerawang, hal ini untuk mencegah lirikan mata dari lawan jenis.
  3. Tidak menjadi hiasan dengan beragam warna menyolok yang membuat lawan jenis tertarik untuk memandang. Hal ini didasarkan pada firman Alloh dalam surat An-Nur ayat 24 yang artinya : “Dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka”
  4. Longgar, tidak ketat, tidak memperlihatkan lekuk-lekuk tubuh, tidak menonjolkan aurat, dan tidak memperlihatkan bagian-bagian tubuh yang memancing fitnah/pesona seksual.
  5. Tidak disemprot parfum yang dapat membangkitkan gairah laki-laki. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : “Sesungguhnya apabila seorang wanita memakai parfum, kemudian melintas di hadapan kaum agar mereka mencium aroma parfumnya, maka ia adalah pezina”
  6. Tidak menyerupai busana laki-laki. Hal ini didasarkan pada Hadits Abu Hurairah ra yang artinya : “Nabi melaknat laki-laki yang memakai pakaian ala busana wanita dan wanita yang memakai pakaian ala pakaian laki-laki”
  7. Bukan pakaian kebesaran, yang dimaksud pakaian kebesaran adalah pakaian yang digunakan untuk mencari ketenaran dan reputasi di tengah masyarakat, baik busana mahal yang di pakai untuk memamerkan kekayaan ataupun pakaian biasa yang di pakai dengan maksud riya’(sombong). Hal ini didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya : “Barangsiapa yang mengenakan busana kebesaran di dunia, maka Alloh akan mengenakan pakaian kehinaan di hari kiamat, kemudian Dia (Alloh) akan menyalakan api di dalamnya”
  8. Tidak mirip dengan pakaian/busana wanita kafir.
  9. Tidak menggunakan hijab dengan style yang berlebihan dengan niat untuk bergaya, apalagi berniat untuk menarik simpati lawan jenis. Karena model hijab zaman sekarang yang berlebihan terkadang justru tidak menutupi dada muslimah yang seharusnya tertutup. Seorang kyai pernah berdakwah “Seorang wanita yang dalam hatinya beriman, maka jilbab akan jadi kebutuhan untuknya, sehingga dimanapun tak pernah dilepaskan jilbab itu. Semakin terlalu berbentuk jilbab yang ia kenakan, semakin terlihat bahwa dia tak butuh jilbab, tapi butuh pujian orang lain”

Kayaknya cukup di sini dulu, sudah ngantuk berat. Insya’Alloh ketemu lagi di kesempatan berikutnya dengan ulasan ringan tentang bagaimana menjadi muslimah sejati. Saya yakin tidak akan jadi berat jika diniatkan karena cinta kepada Alloh, seperti tidak akan jadi beban ketika orang yang kita cintai meminta kita merubah cara berpakaian, pasti tanpa berfikir panjang langsung melaksanakan apa yang dia pinta. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE