Sekolah? Buat apa sih?

sekolah

Halo kawan, bagaimana kabar anda? Pasti sehat semua kan? Hehe, disini bertemu lagi sama penulis. Hehe gak boleh sebut merk loh katanya. Pada artikel ini penulis ingin memaparkan sedikit tentang sekolah. Benar sekali, mungkin kita kalo mendengar kata sekolah. Pasti kita bakalan ogah – ogahan membayangkannya betul kan? Dari tugas yang menumpuk, guru kiler, bully di sekolah, jahilnya temen dan masih banyak lagi. Ngeri kan kawan? Namun, ternyata dibalik semua itu. Sekolah, memiliki banyak sisi manfaat yang luar biasa bagi kita. Mau tau apa aja? Berikut kita pelajari bersama!

  1. Sekolah sebagai sarana menempa diri sebelum terjun ke Masyarakat.

Masyarakat adalah kehidupan yang luar biasa kerasnya kawan. Dimana terkadang tidak peduli dengan keadaan kita. Namun, kita tetap diminta banyak hal. Bagaimana tidak? Tekanan masyarakat adalah hal utama yang akan mempengaruhi kita kedepannya. Tapi, jangan takut kawan. Itu semua bakalan terjadi kalau kita sudah dewasa nanti. Karena kita masih remaja kawan. Maka kita lebih baik bersekolah terlebih dahulu. Nah, disini sekolah adalah tempat menempa diri kita yang pertama sebelum terjun ke masyarakat. Sekolah akan menanamkan modal kepada kita untuk berperilaku baik terhadap masyarakat. Hal tersebut biasa disebut “Penanaman Modal Karakter” di dunia pendidikan. Nah, pendidikan inilah yang akan menjadi modal penting untuk hidup bermasyarakat kelak kawan. Selain itu, kita juga ditempa agar mampu bermasyarakat dengan banyaknya organisasi yang terdapat dalam kehidupan bersekolah kawan. Selain itu, sikap disiplin yang diajarkan disekolah. Juga sangatlah berharga bagi kita dalam bermasyarakat kelak kawan!

  1. Sebagai status sosial

Dalam urusan ini, sekolah  berfungsi sebagai pengangkat status kita guys. Seperti yang kita ketahui kawan. Tingkat tingginya lapangan pekerjaan itu juga sejajar dengan tingginya status terakhir kepelajaran kita kawan. Kenapa demikian? Ditinjau melalui ilmu psikologis kawan. Seseorang yang memiliki ketajaman berfikir lebih itu disebabkan oleh banyak hal yang diasah dalam hidupnya. Faktor tersebut antara lain, usia, lingkungan dan pendidikan kawan. Di sekolah, kita dibimbing untuk selalu mengasah fikiran untuk menyelesaikan banyak masalah sekaligus. Hal itu biasa kita sebut dengan scientic problem solving. Contoh kecilnya; ketika banyak guru memberikan banyak tugas sekaligus kepada kita. Kebanyakan guru tidak melihat jawaban kita kawan. Melainkan melihat cara kita untuk menjawab tugas – tugas tersebut kawan. Jadi, semakin tinggi tingkat pendidikan kita. Berarti semakin tinggi pula tingkat pengajaran yang kita dapat. Sehingga akan sangat wajar jika pendidikan sekolah sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.

  1. Kebanyakan orang jenius berasal dari sekolah.

Sebut saja B.J. Habibie, Prof. Santoeso dan banyak lagi. Mereka adalah orang – orang jenius Indonesia yang diakui seluruh dunia karena kejeniusannya. Dam tentu saja mereka semua bersekolah kawan! Mereka juga menjalani hidup dengan bersekolah dari yang terendah dan mengalami banyak hal pahit. Jadi, jangan terkejut jika mendapati diri mereka terkenal dimana – mana. Itu semua juga karena kegigihan mereka dalam menempuh pendidikan. Karena, berawal dari kerja keras. Semua hal pasti akan lunak terhadap kita.

Dariuraian diatas kawan dapat kita simpulkan bahwa sekolah, dimanapun itu, apapun itu pasti sangat bermanfaat kawan. Apalagi semakin kecil status sekolah tadi. Pasti manfaatnya lebih terasa kawan. Asalkan kita mau berusaha keras dan bersungguh – sungguh kawan. Tidak percaya? Coba aja sendiri. Hehe. Ibaratnya seperti ini. Sekolah kecil adalah sepeda dan sekolah besar adalah motor kawan. Ketika kedua kendaraan ini dijalankan bersamaan menuju arah yang sama. Pasti kebanyakan motor adalah pemenangnya. Itu memang benar kawan. Namun, perlu kalian sadari. Kita secara tak langsung bisa mendapat manfaat dari bersepeda benarkan? Keringat yang menetes dari kita pasti lebih terasa daripada yang menaiki motor betul kan? Dan jika kita bisa mengungguli motor dengan sepeda kayuh kita. Kita pasti akan jadi hal yang luar biasa bukan? So, kenapa masih menunda untuk bersekolah? Kecil atau besar tak masalah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE