Ngegambar doodle nggak perlu mikir!

 

11264295_1046293265399128_1400546318_oPernah gambar-gambar nggak jelas waktu pelajaran jam kosong? waktu  nggak suka sama pelajaran tertentu? waktu guru lagi ngebosenin pas ngajar?  atau waktu nungguin si doi putus? #Eh12024354961

Well, kalo ditanya apa itu doodle? nggak bisa deh diterjemahkan pake kata-kata. Tapi dari beberapa sumber yang pernah gue baca, dalam bahasa indonesia doodle artinya mencoret. Dalam arti literaturnya doodle artinya menulis tanpa aturan. Sementara beberapa definisi lain menjelaskan, doodle berarti gambar tanpa makna yang dalam proses membuatnya sekedar untuk menghabiskan waktu luang. Doodle sendiri ciri khasnya spontan.

Kreatifitas dalam membuat atau menggambar doodle adalah ide yang nggak dibatasi, kebebasan sudah menjadi hal mutlak dalam menggambar doodle. Karena doodle adalah kreatifitas tanpa batas. Jadi Kalo ada tutorial menggambar Doodle, itu adalah hal yang konyol! Menggambar doodle tuh “ngawur” aja. Soal hasilnya bagus atau nggak bagus, nggak usah mikir. Ngegambar doodle nggak perlu mikir!

12024354964

Jadi kalau diantara kalian dulu ada yang suka corat coret di buku catatan gara-gara bosen sama guru tertentu yang ngajar atau sama pelajaranya, itu termasuk doodling. Iyap, doodle itu adalah coretan-coretan liar, nggak terbatas  alat, media, objek, apa pun.  So, doodle art itu termasuk Freehand Art guys.

Pertanyaannya:

  1. Pulpen apa yang bisa di pake buat bikin doodle?
    2. Kenapa ada doodle yang berbentuk monster-monster?
    3. Katanya spontan, tapi kenapa di sketch pensil dulu?

Jawab:

  1. Semua jenis pulpen bisa dipake bikin doodle. Pulpen pilot pun bisa. Biasanya sih drawing pen merk Artline, Snowman, atau Unipin. sementara untuk bikin sketchbooknya, kalian bisa pake Kiki, yang tintanya nggak lumer
  2. Nggak ada yang ngejelasin kan doodle itu spesifiknya bentuk apa? Bisa kita gambar apa aja, konsep apa aja. Itu tergantung yang buat . Namanya juga Freehand Art.
  3. Menurut doodle master Lei Melendres, Ada tiga tipe Doodle:

Pertama, Unplanned Doodle: doodle yang dilakukan secara spontan. Nggak pake sketch terlebih dulu. Ini definisi doodle yang sesungguhnya. Yang kamu lakukan di buku catatan sekolah dulu, itu termasuk tipe pertama ini.

Kedua, Semi Unplanned Doodle: Maksudnya, doodle yang dilakuin pake sketch terlebih dulu, tapi nggak sekalian pake detailnya. Detail dilakukan dengan tinta, black/white ataupun warna.

Ketiga, Planned Doodle:  supaya lebih terkonsep dan nggak salah-salah kalo buat, biasanya kebanyakan doodler sih prefer ke yang ini kalo ada commission alias order alias pesanan.

Udah sekian, postingan sok tau gue. Nggak maksud menggurui kok, cuma bagi-bagi informasi.
Sekian dan terima gajih.
papayyyyyy^^

12024355061

One Response to “Ngegambar doodle nggak perlu mikir!”
  1. Arip says:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE