Mengenal Lebih Dekat dengan Fotografi

Teknik BulbAh tulisan macam apa ini, fotografi? Yaelah tinggal motret doang. Pake handphone juga gampang tinggal mringis sambil teriak keju, eh cheese. . . ..  Cekrek jadi!  Eits jangan salah faham dulu kawan, disini  aku akan menyampaikan segelintir pengetahuanku mengenai fotografi. 😉

Fotografi itu apa ya? Secara singkat fotografi adalah penggambaran apa yg kita lihat. Sebenarnya mata adalah satu satunya alat fotografi yang paling sempurna. Dan mata juga adalah kosep dari pembuatan kamera. Kamera pun sudah berinovasi dari tahun ketahun. Bahkan sekarang banyak merknya 😀

Sebelum menggunakan sebuah kamera, terlebih kamera D-SLR kita harus mengetahui nama-nama penyetingan dan fungsi komponen utama dalam kamera:

  1. Diafragma

Diafragma yang biasa disimbolkan dengan huruf  F. Diafragma adalah pengaturan cahaya dari membuka dan menutupnya lensa. Diafragma dimulai dari 2.8 ; 3.5 ; 4 ; 5,6 dst. Semakin  besar bukaan diafragma maka cahaya semakin banyak. 

  1. Shutter Speed

Shutter speed adalah jendela cahaya yang mempunya strandard  1/125. Semakin lambat shutter speed maka semakin banyak cahaya. 

  1. ISO

ISO adalah tingkat kesensitifan sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka semakin sensitive sensor kamera terhadap cahaya.

Nah itu tiga komponen dasar yang yang wajib diketahui sebelum berburu objek. 😀 Sebagai contoh kombinasi penyetingan untuk teknik Bulb. Teknik bulb dilakukan dengan bantuan lampu atau senter dan sejenisnya yang dipegang oleh sang objek  karena pengambilan gambar dilakukan di tempat yang minim cahaya atau bisa dikatakan gelap. Contoh lainnya memotrat jalanan di malam hari dengan lalu lalang kenadaraan juga bisa.

Tapi di sini aku memberikan contoh pengambilan gambar dengan teknik bulb, menulis di angin dengan cahaya (dari senter). Atur diafragma f8, Shutter speed ganti dengan mode Bulb, dan ISO 100 Menggunakan tripot jauh lebih bagus, tidak juga tak masalah. Cara pengambilannya tekan tombol untuk memotret jangan dilepaskan sampai objek selesai menulis atau menggambar. Bila sudah selesai lepaskan. Seperti ini contohnya:

Teknik Bulb

Demikian sedikit pengetahuanku tentang fotografi. Semoga bermanfaat, dan sampai ketemu di lain tulisan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE