Kamu Masih Ingat Waktu Pertama Kita Ketemu?

doraemonSebagian dari kita mungkin nggak tau sejarah pertemuan pertama Nobita dan Doraemon. Maklum, kisah Doraemon diterbitkan pertama kali Desember 1969 di Jepang. Sementara di Indonesia sendiri, Doraemon datang di tahun 1974.

Mungkin pada nggak nyangka kalau Doraemon itu dulunya berwarna kuning, siapa juga yang nyangka kalo Doraemon yang baik hati dan suka nolong itu ternyata dulunya adalah robot gagal. Sebenarnya Doraemon itu robot yang dirancang khusus untuk pelayan publik yang dicipakan secara masal, robot ini berwarna kuning dan memiliki 2 daun telinga serta kumis seperti kucing.

Mungkin masih sebagian pada nggak tau kalo Doraemon itu sebenarnya adalah sebuah robot gagal, yang akhirnya dilelang oleh sebuah keluarga miskin keturunan Nobi Nobita yang terlilit hutang. Doraemon hanya menjadi pengasuh bayi setelah gagal melewati ujian di sekolah robot, telinganya hancur karna digigit robot tikus, cat kuningnya luntur dan berubah menjadi biru dan banyak kejadian menyedihkan lain yang dialami sejak kelahiranya. Sampai suatu hari, keluarga Nobi Nobita mengirimkan Doraemon kembali ke masa lalu saat leluhur Nobita Nobi masih tinggal di Tokyo, sekitar 250 tahun yang lalu.

Misi Doraemon adalah menolong Nobi Nobita. Nobita adalah seorang anak yang hampir nggak punya kemampuan apapun dan selalu bernasib sial. Dalam keseharianya, dia selalu mendapat nilai buruk di semua mata pelejaran sekolah. Nobita hanya berbakat main karet, tembak-menembak, dan tidur; kemampuan yang nyaris nggak berguna di zaman Jepang modern. Ironis banget, sebuah robot gagal dikirim untuk membantu seorang anak yang gagal. Tapi kenyataannya, persahabatan kedua anak itu membuat mereka jadi lebih baik.

Doraemon datang pada hari Tahun Baru Jepang 1969. Dia keluar dari laci meja belajar Nobita. “Konbanwa!” Itu adalah kalimat pertama dalam bahasa Jepang yang gw inget waktu nonton kisah pertemuan pertama Doraemon dan Nobita di film Stand By Me yang lagi hits ditonton sama hampir semua anak remaja tua seumuran gw yang waktu kecilnya gw yakin hampir tiap hari minggu setia meluangkan waktu 30 menit dari jam 8 pagi buat nontonin serial kartun favorit ini. Dan sejak saat itu dia tinggal bersama Nobita, misinya adalah mencegah Nobita menjadi orang gagal. Dan Kelihatannya misi Doraemon berhasil, karena ketika mereka menjelajah ke masa depan, Nobita melihat keturunannya hidup dalam kondisi yang lebih baik bahkan keturunan Nobi mampu membeli robot yang “tidak gagal” bernama Dorami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE