Catatan Si Jomblo

Jomblo-jomblo akutAda aja cobaan buat para jomblo. Mulai dari iming-iming kemesraan dari mantan, iming-iming surprize alias kejutan dari temen yang lagi hangat-hangatnya menjalin hubungan sampai iming-iming buat cari gebetan baru supaya gak bengong alias gigit jari. Hal seperti ini sudah biasa bagi para jomblo akut atau lebih kerennya disebut kelamaan jomblo. Kebanyakan dari mereka tidak mudah tergiur dengan iming-iming semacam itu, tapi buat new jomblo yang baru 2 atau 3 hari putus pasti nyesek pakek banget apalagi kalau putusnya gara-gara gak direstuin orang tua dan do’i mau dijodohin segala atau gara-gara do’i selingkuh dengan temen kita sendiri, pasti bisa tuh gak makan sampai sebulan. Kata mbak Cita Citata sih sakitnya tuh disini!!!

Umumnya ini dialami para cewek, jarang banget liat cowok mewek gara-gara putus ama pacar (enggak banget kan kalo liat cowok mewek sampai enggak doyan makan). Mereka lebih mudah melupakan peristiwa pahit itu ketimbang terus mengingatnya. Para cowok akan mengisi kekosongan hatinya dengan kegiatan yang positif seperti nge game, maen bareng temen, maen sepak bola de el el. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan apa yang dialami para cewek, secara cewek kan hatinya lembut jadi butuh beberapa hari untuk mengembalikan hatinya yang telah hancur menjadi satu kesatuan yang utuh meski tampaknya sudah tak utuh lagi. Jadi buat cewek-cewek yang baru berstatus jomblo ataupun udah jomblo akut, gak perlulah meratapi nasib sampai gak doyan makan, minum, tidur, buang-buang tisu buat ngusapin air mata atau yang lain, mendingan kita tunjukin pada dunia kalau kita kuat, meskipun kita tak memiliki tempat bersandar ketika lelah kita masih bisa berdiri tegap (whahahahahaa).

Buat yang sering diiming-iming dengan kemesraan teman yang baru jadian, senyumin aja sebagai tanda kalau kita ikut seneng hubungan mereka lancar. Bagi para jomblo, jangan sekali-kali menyesal menjadi jomblo karena jomblo itu spesial, jomblo itu anugerah terindah, jomblo itu sabar, jomblo itu………… (silahkan yang mau menambahkan). Yang paling penting sebagai jomblo jangan memperlihatkan aura ngenes di depan temen yang lagi pacaran, gak mau kan dibilang “kasihan banget deh temenmu, udah jomblo, badannya kurus, kasihan banget deh liatnya”. Tenang aja, jomblo bukan akhir dari segalanya. Banyak cerita dan kisah menarik yang masih bisa ditulis para jomblo. Menurut pandangan pribadi saya, jomblo itu dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Jones alias jomblo ngenes. Jomblo model ini terlihat membutuhkan simpati dari orang lain karena belum bisa move on dari sang mantan. Tak jarang jomblo model kayak gini sering meratapi nasib yang tengah menimpa dirinya. Contohnya kayak gini nih! “kurang apa sih gue, cantik udah (menurut gue sih!), kulit putih, mulus juga udah ditambah lagi gue cewek paling setia, trus kenapa dia selingkuh???”. Mereka terus-terusan menyalahkan diri sendiri menganggap bahwa dirinya tidak berguna dan jomblo model ini harus dihindari.
  2. Joba alias jomblo bahagia. Jomblo model ini adalah kebalikan dari jones. Joba selalu berpikir ke depan, yang lalu biarlah berlalu, mati satu tumbuh seribu. Masih banyak cowok-cowok di dunia ini. Joba lebih cepat move on dari sang mantan ketimbang si jones.
  3. Jokut alias jomblo akut. Jomblo model ini disebabkan telah lama tidak menjalin hubungan special dengan lawan jenis (pacaran) atau bahkan belum pernah pacaran sama sekali. Jokut belum berpengalaman dalam hal pacaran. Jokut juga tidak mudah terpengaruh iming-iming kemesraan hubungan yang dijalani temannya.

Bagi para jomblo, kamu termasuk kategori jomblo yang mana nih??????

Kadang menjadi jomblo itu memang ngeselin soalnya sering dijadikan bahan tertawaan di media sosial maupun elektronik. Pernah nonton iklan teh sebut saja ijo tea yang ada di tv?? Kurang lebih dialog iklan yang paling mengena di hati seperti ini “om-om. Truk aja gandengan masak om enggak??”. Kalau jones, joba maupun jokut merasa tersinggung dengan iklan itu, mudah saja kita menjawabya. “Emang gue truk, pakek gandengan?????”. That’s enough.

Ngomongin jomblo itu memang enggak ada habisnya, senang dan sedihnya jadi jomblo bisa jadi pelajaran buat yang lain yang bakal jadi jomblo juga kalau sewaktu-waktu diputusin pacar. Uppss!!!! Ada 6 kiat-kiat menjadi jomblo sukses versi penulis.

J       Jangan bergaul dengan teman yang punya gebetan, sebenarnya kata   perintahnya tadi bukan “jangan” tapi buat ngepas-ngepasin aja dengan huruf awalnya. Kurangi bergaul dengan teman yang punya gebetan. Mengurangi bukan berarti tidak boleh bergaul dengan mereka tetapi mengurangi dengan tujuan supaya kita tidak terlalu iri dengan kemesraannya. Banyak bergaul lah dengan sesama jomblo, dimana kita bisa berbagi cerita dan kisah inspiratif yang bermanfaat karena sebagian besar misi dan visi jomblo adalah sama.

O      Oh!!! Jangan tunjukan kesedihan kita di depan orang lain. Tunjukkan raut wajah bahagia dan berseri-seri sebagai seorang jomblo.

M     Menjaga hati dari perbuatan dan perkataan yang bisa memperkeruh hati kita. Menjaga hati dapat dilakukan dengan sholat, melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dengan demikian kita akan terhindar dari godaan dan iming-iming kenikmatan dunia semata.

B      Bingung nih! Apalagi yak. Fokus pada tugas masing-masing. Sebagai siswa dan mahasiswa tugas utamanya adalah belajar, sebagai karyawan adalah fokus pada pekerjaan masing-masing.

L      Lalu yakinlah suatu hari nanti para jomblo akan mendapatkan jodoh yang lebih baik. Tugas kita adalah memperbaiki diri karena jodoh kita nanti adalah cerminan dari diri kita. Kalau ingin mendapatkan jodoh yang baik maka perbaiki diri kita terlebih dahulu.

O      Ow! udah 5 ya. Berarti kurang 1. Jangan bertingkah macam-macam, maksudnya jangan suka caper alias cari perhatian sana-sini. Jadilah jomblo apa adanya bukan ada apanya. Jika usia sudah menginjak 20 ke atas atau masuk pada usia matang, lupakan untuk mencari pacar, ganti tujuan dengan mencari calon suami yang bisa membimbing kita menuju kebaikan dan surga.

Semoga catatan ngawur ini ada manfaatnya bagi penulis dan para pembaca yang sedang jomblo khususnya. Apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan saya mohon maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE