Antara Hijab, Jilbab dan Kerudung

Jilbab

Setelah membaca postingan saya kemarin, kira-kira sudahkah tergugah untuk menutup aurat dengan berjilbab?. Seperti janji saya di postingan sebelumnya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana tentang perbedaan hijab, jilbab dan kerudung. Loh, masak ketiga istilah tersebut berbeda?. Coba deh kita perinci maknanya satu per satu, setelah itu silahkan anda membuat kesimpulan.

  • Hijab adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. kata “hijab” lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. Ada yang menyatakan juga bahwa setiap jilbab adalah hijab, tetapi tidak semua hijab itu jilbab, sebagaimana yang tampak. Seperti dijelaskan di atas, hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu. Hijab menurut Al Quran artinya penutup secara umum, bisa berupa tirai pembatas, kelambu, papan pembatas, dan pembatas atau aling-aling lainnya. Memang terkadang kata hijab dimaksudkan untuk makna jilbab.
  • Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Referensi lain menjelaskan bahwa jilbab ialah pakaian yang longgar dan dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Hal ini tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”. Dapat kita simpulkan bahwa jilbab pada umumnya adalah pakaian yang lebar, longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Sedangkan hijab adalah sesuatu pembatas atau aling-aling yang menutupi aurat.
  • Kerudung/kudung di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. .”. Kerudung sebetulnya tidak dianjurkan dalam Islam. Sebab, desain kerudung hanya sebagai penutup kepala saja. Kerudung yang hanya sebagai penutup kepala, tidak menutupi dada wanita sekaligus. Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, akan tetapi bentuk lekuk tubuh pada bagian leher dan dada masih terlihat.

Demikian penjelasan singkat tetang hijab, jilbab dan kerudung. Setelah membaca pengertiannya di atas, kira-kira menurut anda apakah ada perbedaan di antara ketiga jenis penutup aurat tersebut? Saya tunggu partisipasi anda, saya harap kita mampu berdiskusi dan sharring pengetahuan supaya ilmu kita semakin hari semakin bertambah.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE