Airsoft Gun Mainan tapi Bukan Mainan

1425392278382

Pikiran yang muncul secara mendasar bagi sebagian besar orang awam tentang airsoft-gun adalah sejenis mainan yang mampu melukai orang lain. Tetapi hal tersebut tidak berlaku jika mereka mau lebih mengerti tentang peraturan dan tata tertib tentang bermain, permainan dan mempergunakan serta memperlakukan sebuah airsoft-gun.

Sebelum melanjutkan tentang apa itu airsoft-gun, airsoft-gun itu diumpakan seperti layaknya sebuah garpu. Garpu tidak akan berbahaya jika digunakan sesuai fungsi dan manfaat yang semestinya, yaitu sebagai peralatan makan. Namun jika pada suatu kondisi dan situasi tertentu, garpu tersebut dapat digunakan untuk melukai orang lain. Begitu halnya dengan airsoft-gun, meskipun tidak mempunyai kapabilitas tingkat merusak yang tinggi dan fatal (kecuali mengenai mata/bola mata), tetapi jika disalahgunakan akan mampu melukai orang lain. Maka dari itu penting untuk memberikan peraturan serta tata tertib perihal penggunaan dan kepemilikan mainan ini. Bisa dikatakan istilah “Right Man in the Right Place” sangat tepat untuk mewakili hal tersebut.

Airsoft-gun itu adalah mainan tiruan atau replika senjata api yang memiliki mekanisme (sistem) penggerak yang bermacam-macam, dimana jika senjata api menggunakan peluru timah sedangkan airsoft-gun menggunakan ball bearing (bb), yaitu sebuah bola plastik yang berbahan plastik dan mempunyai diameter 6mm. Dengan berdasarkan jenisnya airsoft-gun dibedakan menjadi tiga kategori, dan kategori tersebut adalah berdasarkan sistem/mekanisme penggeraknya. Yaitu menggunakan pegas, listrik dan juga gas.

Terkait dengan berita airsoft-gun akhir-akhir ini adalah tentang penyalahgunaan, banyak dari sebagian besar masyarakat Indonesia belum mengerti benar dengan perbedaan airsoft-gun dan air-gun. Air-gun adalah senjata yang bisa dikategorikan sebagai alat pertahanan diri yang tentunya dengan persyaratan dan ketentuan berlaku. Dimana air-gun menggunakan mekanisme penggerak CO2 (karbon dioksida) dengan kekuatan merusak lebih tinggi dari pada airsoft-gun. Dan hal inilah yang kurang dipahami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, bahwa yang sebagian besar digunakan sebagai tindak penyalahgunaan ini bukanlah menggunakan airsoft-gun tetapi tidak lain dan tidak bukan adalah air-gun.

Inilah mengapa airsoft-gun adalah mainan tetapi bukan mainan, karena sekalipun mainan airsoft-gun ini mempunyai aturan dan tata tertib yang wajib diikuti oleh setiap penggiatnya, harus bernaung di bawah wadah resmi yang diakui oleh Republik Indonesia pada umumnya, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) serta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan semua pihak yang terkait langsung pada khususnya.

1426096135626CYMERA_20140831_214013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE